Setelah membuat game pesawat di platform PC, kali ini kita buat agar dapat dimainkan di platform Android. game pesawat sederhana hasil workshop produksi game semester 3 ini akan saya ubah atau tambahkan kontrolnya agar dapat dimainkan di Android
Mode Select
saya buat 1 script khusus yang akan menampung informasi mode kontrol yang dimainkan dengan code seperti berikut:
- enumerasi untuk penunjukkan mode apa saja yang dapat digunakan
- variable gameMode dibuat public karena dibutuhkan akses informasi mengenai mode yang sedang digunakan
- fungsi ChangeMode untuk mengubah nilai gameMode
- dalam fungsi Awake diberi DontDestroyOnLoad agar script ini terus ada di setiap scene sehingga informasi yang dibawa akan sama terus selama tidak diganti
Menurut internet, code untuk input accelerometer hanyalah sebagai berikut:
- translasi ke arah x = input accelerometer x
- translasi ke arah y = input accelerometer y
- z dibiarkan 0 karena gamenya adalah 2d
Mode virtualButton / virtualJoystick
keduanya adalah mode yang sama, bedanya visual untuk input menggunakan graphic yang berbeda dengan sedikit perbedaan code
jika menggunakan virtualButton, grafik yang terlihat menggunakan tombol seperti berikut

sementara virtualJoystick kurang lebih pengaplikasiannya seperti pada game berikut:
karena virtualJoystick lebih susah dibuat di unity untuk pemula, maka akan saya beritahu step by step integrasi virtualJoystick ini hingga bisa menggerakkan player
pertama-tama import standard asset mobile unity, di assets->import package-> Standard Assets (Mobile). cukup centang texture, script, dan prefab dari single joystick atau yang diperlukan saja
rename folder "Standard Assets (Mobile)" menjadi "Standard Assets" saja agar script di dalamnya otomatis dicompile oleh unity. kemudian masukkan prefab joystick ke dalam scene dengan posisi x dan y = 0.
pada script yang dimiliki player, tambahkan variable berikut
- public Joystick joystick adalah deklarasi variable yang menggunakan class Joystick
- float h untuk menentukan posisi joystick x
- float v untuk menentukan posisi joystick y
*speed adalah variable public yang dapat diganti nilainya ketika membuka unity
- variable h dan v di integrasikan ke posisi x dan y joystick
- dengan rumus matematika dengan nilai yang absolut, menentukan pergerakan player melalui arah joystick
untuk tembak, tambahkan satu object berupa tombol dan berikan script berikut
- PCM (Player Control Manager) adalah variable yang saya gunakan sebagai variable global untuk merubah mode dalam game, jika ingin menggunakan salah satu mode saja tak perlu mengetikkan code yang terdapat PCM
- Tambahkan variable dengan class pesawat dan ambil componentnya
- tambahkan fungsi OnMouseDown dan panggil fungsi tembak dari pesawat untuk menembakkan peluru saat tombol di tap / klik
Mode DragObject
Sebelum memulai code, tambahkan dulu require component berupa collider
- jika object menggunakan BoxCollider2D maka tulis BoxCollider2D, jika menggunakan CircleCollider2D maka tulis CircleCollider2D, dan seterusnya
- screenpoint digunakan untuk mengambil titik mouse di layar
- offset digunakan untuk mengambil jarak titik mouse ke titik tengah kamera
kemudian berikan fungsi klik mouse dan drag
![]() |
| klik gambarnya untuk memperbesar |
- di fungsi OnMouseDown, offset menyimpan jarak dari object dengan klik mouse sehingga saat di drag jaraknya tetap sama
- di fungsi OnMouseDrag, curScreenPoint untuk menyimpan nilai posisi mouse saat mendrag
- curPosition untuk menghitung posisi mouse saat ini di kamera
- untuk memindahkan object ke posisi mouse, digunakan statement transform.position = curPosition
- *vector3.MoveTowards adalah percobaan agar object berjalan perlahan menuju titik mouse, akan tetapi masih belum berhasil
fungsi ini hanya untuk mendrag player menggunakan touch di android, akan tetapi pesawat hanya akan mengikuti posisi touch secara langsung, bukan perlahan-lahan
jadi jika pemain mendrag touchnya secara cepat atau tak berarah, maka pesawat player akan berposisi disana sesuai lokasi touch pemain
untuk tembak pesawat bisa gunakan tombol seperti virtualJoystick, atau gunakan auto tembak seperti milik musuh
Build ke Android
- Pertama-tama download SDK android terlebih dahulu, bisa didownload disini
- install SDK tersebut ke dalam pc
- setelah install selesai, arahkan sdk android ke path unity (edit->preferences->external tools-> Android SDK Location)
- Setelah itu setting camera untuk android (file -> build setting -> android platform)
- isi icon game (dari build setting pilih player setting...)
- ubah informasi game (ada pada panel yang sama dengan icon game)
- build
- install apk di android
- mainkan
Game Pesawat sudah terintegrasi untuk dimainkan di platform android













Tidak ada komentar:
Posting Komentar