Kamis, 14 Mei 2015

Menganimasikan model


Nama : Dio Al Sabah Akbar Zain
NRP : 4210131013
Kelas : 2 D4 Teknologi Game

Tujuan :
Mahasiswa mampu menggerakkan animasi blender dalam unity

Alat dan Bahan :
l. Laptop
2. OS Windows 8.1
3. Unity 5.0

Langkah-langkah menganimasikan file blender dalam unity
1. Import file animasi blender yang telah di eksport menjadi ekstensi 3ds max ke dalam unity
Bisa melalui tab import-> import new asset... Atau langsung drag and drop ke dalam project unity




2. Klik prefab model 3d tersebut dalam tab project, pada inspector akan terdapat 3 tab. Pastikan pada tab rig terpilih animation typenya humanoid jika model kita adalah manusia.


3. Pada tab animation, akan terlihat beberapa animasi yang telah dibuat dalam blender mulai dari detik ke 0, hingga selesai.


4. Tambahkan satu animasi tambahan untuk karakter idle. Untuk durasi ambil durasi yang sekiranya karakter tersebut berada pada posisi diam, ambil 0.1 detik untuk durasinya.
(hal ini jika tidak disediakan animasi khusus untuk idle)

5. Klik kanan pada tab project, pilih Create -> animator controller , beri nama apapun yang dikehendaki.


6. Buka tab animator, jika tidak ada tab animator bisa dibuka melalui tab Window -> animator.


7. Masukkan animasi yang dikehendaki tadi dari tab project ke dalam tab animator.

8. Buat animasi idle menjadi default dengan klik kanan pada idle -> set as layer default state

9. Berikan transisi antar animasi, baik dari idle ke jalan maupun sebaliknya, klik kanan pada salah satu animasi, kemudian make transition, klik pada animasi yang dituju.


10. Buat parameter sebagai kondisi transisi dengan tipe yang diinginkan

11.Berikan kondisi pada masing-masing transisi dengan mengklik panah transisi, dan atur kondisinya pada inspector

12. Buat code pergerakan untuk model 3d tadi


13. Tambahkan satu variable public bertipe animator, lalu beri nama anim

14. Setelah model bergerak, tambahkan code anim.setBool*(“jalan**”,true***);
* tipe variable yang dibuat pada parameter animasi, bisa bool, int, float, dll
** nama variable yang dibuat dalam parameter animasi
*** value yang ingin dijadikan pada parameter

15. Jangan lupa tambahkan code yang sama ketika model sudah tidak lagi bergerak sehingga transisi kembali menuju animasi idle


16. mainkan dengan klik tombol play 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar