Nama : Dio Al Sabah Akbar Zain
NRP : 4210131013
Kelas : 2 D4 Teknologi Game
Tujuan :
Mahasiswa mampu menggerakkan animasi blender dalam unity
Alat dan Bahan :
l. Laptop
2. OS Windows 8.1
3. Unity 5.0
Langkah-langkah menganimasikan file blender dalam unity
1. Import file animasi blender yang telah di eksport menjadi ekstensi 3ds max ke dalam unity
Bisa melalui tab import-> import new asset... Atau langsung drag and drop ke dalam project unity
2. Klik prefab model 3d tersebut dalam tab project, pada inspector akan terdapat 3 tab. Pastikan pada tab rig terpilih animation typenya humanoid jika model kita adalah manusia.
3. Pada tab animation, akan terlihat beberapa animasi yang telah dibuat dalam blender mulai dari detik ke 0, hingga selesai.
4. Tambahkan satu animasi tambahan untuk karakter idle. Untuk durasi ambil durasi yang sekiranya karakter tersebut berada pada posisi diam, ambil 0.1 detik untuk durasinya.
5. Klik kanan pada tab project, pilih Create -> animator controller , beri nama apapun yang dikehendaki.
9. Berikan transisi antar animasi, baik dari idle ke jalan maupun sebaliknya, klik kanan pada salah satu animasi, kemudian make transition, klik pada animasi yang dituju.
11.Berikan kondisi pada masing-masing transisi dengan mengklik panah transisi, dan atur kondisinya pada inspector
12. Buat code pergerakan untuk model 3d tadi
14. Setelah model bergerak, tambahkan code anim.setBool*(“jalan**”,true***);
* tipe variable yang dibuat pada parameter animasi, bisa bool, int, float, dll
** nama variable yang dibuat dalam parameter animasi














Tidak ada komentar:
Posting Komentar